Minggu, 17 Maret 2013

istilah dalam genetika


1.       Alela, adalah suatu bentuk gen-gen dalam kromosom yang homolog atau bersesuaian
2.       Fenotip, merupakan bentuk/sifat yang dapat dilihat dari luar.
3.       Genotip, merupakan bentuk/sifat yang tidak dapat dilihat dari luar.
4.      Sifat resesif suatu sifat yang tak muncul dalam keuturunan, karena tertutup atau faktor yang dikalahkan oleh faktor lain. (simbol gen resesif huruf kecil)
5.      Sifat dominan Adalah suatu sifat yang muncul pada keturunan, dimana sifat tersebut menutup sifat lainnya atau faktor yang lebih kuat (mengalahkan) faktor yang lain (lemah). (simbol gen dominan huruf besar)
6.      Intermedier Adalah suatu sifat yang dominan tidak mampu menutupi sifat resesif lain dengan sempurna atau kedua sifat sama kuat.
7.      Pembastaran/hibridisasi Adalah perkawinan antara dua individu yang berbeda sifatnya.
8.      Back Cross dan Test Cross Back cross dan test cross dilakukan untuk menguji atau mengetahui genotif dominan, homozigot dominan atau heterozigot.  Misalnya untuk fenotip ercis biji bulat, memp. 2 kemungkinan genotif yaitu BB dan Bb. Lain halnya dengan fenotif biji kisut, sudah pasti genotipnya bb.
9.      Back Cross adalah : Penyilangan suatu individu dg salah satu induk yg bergenotip homozigot, baik resesif maupun dominan.
10.  Test Cross adalah Menyilangkan individu yg tidak diketahui genotipnya dengan individu yang resesif homozigot.
11.   Gen letal atau gen kematian adalah gen yang dalam keadaan homozigotik dapat menyebabkan kematain individu yang dimilikinya. Ada gen letal yang bersifat dominan dan ada pula yang resesip. Gen letal ialah gen yang dapat mengakibatkan kematian pada individu homozigot.
12.   Gen merupakan substansi kimia di dalam kromosom yang mengandung informasi genetik (pembawa sifat)
13.   Fertilisasiadalahprosespenyatuanpeleburanintiseltelur(ovum)denganintiselspermatozoamembentukmakhlukhidupbaruyangdisebutdenganzigot
14.   Alel adalah gen-gen yang menempati atau terletak pada lokus yang sama pada kromosom homolognya yang mempunyai tugas berlawanan untuk suatu sifat tertentu.
























1. Telosentris, jika kromosom hanya mempunya 1 lengan
2. Akrosentris, jika kromosom mempunya 2 lengan, tetapi 1 lengan pendek sekali dibandingkan dg lengan lainnya.
3. Submetasentris, jika kromosom mempunya 2 lengan yang hampir sama panjang.
4. Metasentris, jika kromosom mempunya 2 lengan yang sama panjang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar